Sistem komputer adalah suatu jaringan elektronik yang
terdiri dari perangkat lunak dan perangkat
keras yang melakukan tugas tertentu (menerima input,
memproses input, menyimpan perintah-perintah, dan menyediakan output dalam
bentuk informasi). Selain itu dapat pula diartikan sebagai elemen-elemen yang
terkait untuk menjalankan suatu aktivitas dengan menggunakan komputer.
Komputer dapat membantu manusia dalam pekerjaan
sehari-harinya, pekerjaan itu seperti: pengolahan kata, pengolahan angka, dan
pengolahan gambar.
Elemen dari sistem komputer terdiri dari
manusianya (brainware), perangkat lunak (software), set instruksi (instruction
set), dan perangkat keras (hardware). Dengan demikian komponen tersebut
merupakan elemen yang terlibat dalam suatu sistem komputer. Tentu saja hardware tidak
berarti apa-apa jika tidak ada salah satu dari dua lainnya (software dan brainware).
SISTEM KOMPUTER
Jaringan dari elemen-elemen yg saling berhubungan, membentuk
satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok
Ø
HARDWARE
Peralatan dari sistem komputer yang secara fisikterlihat dan
terjamah
Ø
SOFTWARE
Program yang berisi perintah untuk melakukanpengolahan data
Ø
BRAINWARE
Manusia
yang terlibat dalam mengoperasikan sertamengatur sistem komputer
PENGENALAN HARDWARE
Komponen Pokok Hardware Komputer :
1.
Alat Input
2.
Alat Proses
3.
Alat Penyimpanan
4.
Alat Output
·
Keyboard komputer adalah model periferal (umum)
setelah keyboard mesin tik.
·
Fungsinya :untuk memasukkan data dan
karakter,serta mengontrol pengoperasian komputer.
·
Jenis dan fungsi keyboard komputer telah
mengalami perkembangan sesuai dengan keperluan si pengguna.
·
Secara umum keyboard digunakan untuk
mengetik pada word processor, text editor, atau textbox lainnya.
·
Keyboard juga digunakan untuk memberikan
perintah kepada komputer. Salah satu contoh paling populer adalah kombinasi
Cltr+Alt+Del. Dalam versi terbaru Windows, kombinasi ini akan membawa
menu-window termasuk options untuk menangani aplikasi yang sedang berjalan dan
shutting down komputer.
·
Mouse adalah alat yang digunakan untuk
memasukkan data ke dalam komputer
·
Mouse memperoleh nama demikian karena
kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus
·
Mouse pertama kali dibuat pada tahun 1963
oleh Douglas Engelbart
·
Bentuk mouse yang paling umum mempunyai
dua tombol, masing-masing di sebelah kiri atas dan kanan atas yang dapat
ditekan.
·
Mouse bekerja dengan menangkap gerakan
menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras danrata. Tetikus yang lebih
modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optikal
untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel
·
Scanner adalah suatu alat elektronik yang
fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Mesin fotocopy hasilnya dapat langsung
dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor
komputer
ALAT PEMROSES
Tugas Arithmetic Logic Unit
Ø
Melakukan semua perhitungan aritmatika yang
terjadi sesuai instruksi program
Ø
Melakukan pengambilan keputusan dari
operasi logika sesuai dengan instruksi program
Tugas Control Unit
Ø
Mengatur & mengendalikan alat I/O
Ø
Mengambil instruksi dari main memory
Ø
Mengambil data dari main memory jika
diperlukan oleh proses
Ø
Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan
arithmatika/perbandingan logika serta mengawasi kerja AL
Ø
Menyimpan hasil proses ke main memory
REGISTER
Ø
Merupakan simpanan kecil yang memiliki kecepatan
tinggi ( 5 sampai 10 kali kecepatan mainmemory )
Ø
Digunakan
untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses oleh CPU( instruksi
lain yang menunggu giliran disimpan di main memory )
Ø
Terbagi atas :
1.
Instruction Register ( IR ) atau Program
Register yang digunakan untuk menyimpan instruksi yang sedang diproses
2.
Program Counter ( PC ) atau Control Counter /
instruction counter adalah register yang digunakan untuk menyimpan alamat
( address ) lokasi dari mainmemory yang berisi instruksi yang sedang diproses.
MACAM-MACAM KELUARAN :
Ø
Tulisan
Ø
Image / gambar
Ø
Suara
Ø
Bentuk lain yayng dapat dibaca komputer
MONITOR
Ø
Monitor digambarkan pada sebuah kotak layar
yang dapat menampilkan sesuatu dari komputer.
Ø
Monitor
dapat di bagi menjadi 3 kelas, diantaranya :
1.
Monochrome:
Monitor Monokrom biasanya menampilkan dua warna, warna background dan
satu lagi adalah warna foreground. Warna tersebut adalah warna hitam dan putih,
hijau dan hitam dan Kuning dan hitam.
2.
Gray-scale :
Gray Scale monitor adalah jenis special
dari monitor monochrome yang dapat menampilkan bayangan ungu yang
berbeda.
3.
Color :
Monitor
Color adalah monitor berwarna yang memiliki 16 hingga 1 juta warna yang
berbeda. Monitor berwarna ini terkadang disebut monitor RGB karena monitor
tersebut dapat menerima 3 sinyal yang berbeda, Merah (Red), Hijau (Green) dan
Biru(Blue).
PRINTER
Ø
Alat untuk mencetak data yang dikirimkan oleh
komputer. Data yang dikirimkan dapat berupa tulisan, tabel, gambar maupun foto.
Ø
Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian,
yaitu
1)
picker sebagai alat mengambil kertas dari tray
2)
tray ialah tempat menaruh kertas.
3)
Tinta atau toner
Perbedaan toner dan tinta ialah perbedaan sistem; toner atau
laser butuh pemanasan, sedangkan tinta atau inkjet tak butuh pemanasan, hanya
pembersihan atau cleaning pada print-head printer tersebut.
BAHASA PEMROGRAMAN
Ø
Bahasa Mesin
Ø
Bahasa
Tingkat Tinggi
Ø
Bahasa Generasi Ke-4
SUMBER:
0 komentar:
Posting Komentar