Subscribe:

Rabu, 27 November 2013

Elemen-Elemen SIstem Komputer



Sistem komputer adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah, dan menyediakan output dalam bentuk informasi). Selain itu dapat pula diartikan sebagai elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktivitas dengan menggunakan komputer.
Komputer dapat membantu manusia dalam pekerjaan sehari-harinya, pekerjaan itu seperti: pengolahan kata, pengolahan angka, dan pengolahan gambar.
Elemen dari sistem komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat lunak (software), set instruksi (instruction set), dan perangkat keras (hardware). Dengan demikian komponen tersebut merupakan elemen yang terlibat dalam suatu sistem komputer. Tentu saja hardware tidak berarti apa-apa jika tidak ada salah satu dari dua lainnya (software dan brainware).

SISTEM KOMPUTER
Jaringan dari elemen-elemen yg saling berhubungan, membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok
Ø HARDWARE
Peralatan dari sistem komputer yang secara fisikterlihat  dan terjamah
Ø SOFTWARE
Program yang berisi perintah untuk melakukanpengolahan data
Ø BRAINWARE
Manusia yang terlibat dalam mengoperasikan sertamengatur sistem  komputer

PENGENALAN HARDWARE
Komponen Pokok Hardware Komputer :
1.    Alat Input
2.    Alat Proses
3.    Alat Penyimpanan
4.    Alat Output
·         Keyboard komputer adalah model periferal (umum) setelah keyboard mesin tik.
·          Fungsinya :untuk memasukkan data dan karakter,serta mengontrol pengoperasian komputer.
·         Jenis dan fungsi keyboard komputer telah mengalami perkembangan sesuai dengan keperluan si pengguna.
·          Secara umum keyboard digunakan untuk mengetik pada word processor, text editor, atau textbox lainnya.
·         Keyboard juga digunakan untuk memberikan perintah kepada komputer. Salah satu contoh paling populer adalah kombinasi Cltr+Alt+Del. Dalam versi terbaru Windows, kombinasi ini akan membawa menu-window termasuk options untuk menangani aplikasi yang sedang berjalan dan shutting down komputer.
·         Mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer
·          Mouse memperoleh nama demikian karena kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus
·          Mouse pertama kali dibuat pada tahun  1963 oleh Douglas Engelbart
·          Bentuk mouse yang paling umum mempunyai dua tombol, masing-masing di sebelah kiri atas dan kanan atas yang dapat ditekan.
·          Mouse bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras danrata. Tetikus yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optikal untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel
·         Scanner adalah suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Mesin fotocopy hasilnya dapat langsung dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer

 

ALAT PEMROSES
Tugas Arithmetic Logic Unit
Ø  Melakukan semua perhitungan aritmatika yang terjadi sesuai instruksi program
Ø   Melakukan pengambilan keputusan dari operasi logika sesuai dengan instruksi program

Tugas Control Unit
Ø  Mengatur & mengendalikan alat I/O
Ø  Mengambil instruksi dari main memory
Ø   Mengambil data dari main memory jika diperlukan oleh proses
Ø  Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan arithmatika/perbandingan logika serta mengawasi kerja AL
Ø  Menyimpan hasil proses ke main memory

REGISTER
Ø  Merupakan simpanan kecil yang memiliki kecepatan tinggi ( 5 sampai 10 kali  kecepatan mainmemory )
Ø   Digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses oleh CPU( instruksi lain yang menunggu giliran disimpan di main memory )
Ø  Terbagi atas :
1.    Instruction Register ( IR ) atau Program Register yang digunakan untuk menyimpan instruksi yang sedang diproses
2.    Program Counter ( PC ) atau Control Counter / instruction counter adalah register yang digunakan untuk menyimpan alamat ( address ) lokasi dari mainmemory yang berisi instruksi yang sedang diproses.


MACAM-MACAM KELUARAN :
Ø  Tulisan
Ø   Image / gambar
Ø  Suara
Ø  Bentuk lain yayng dapat dibaca komputer

MONITOR
Ø  Monitor digambarkan pada sebuah kotak          layar yang dapat menampilkan   sesuatu dari komputer.
Ø   Monitor dapat di bagi menjadi 3 kelas, diantaranya :
1.       Monochrome:
Monitor Monokrom biasanya menampilkan dua warna, warna background dan satu lagi adalah warna foreground. Warna tersebut adalah warna hitam dan putih, hijau dan hitam dan Kuning dan hitam.
2.       Gray-scale :
 Gray Scale monitor adalah jenis special dari monitor monochrome yang dapat menampilkan bayangan ungu yang berbeda.
3.       Color :
Monitor Color adalah monitor berwarna yang memiliki 16 hingga 1 juta warna yang berbeda. Monitor berwarna ini terkadang disebut monitor RGB karena monitor tersebut dapat menerima 3 sinyal yang berbeda, Merah (Red), Hijau (Green) dan Biru(Blue).

PRINTER
Ø Alat untuk mencetak data yang dikirimkan oleh komputer. Data yang dikirimkan dapat berupa tulisan, tabel, gambar maupun foto.
Ø Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu
1)    picker sebagai alat mengambil kertas dari tray
2)    tray ialah tempat menaruh kertas.
3)    Tinta atau toner
Perbedaan toner dan tinta ialah perbedaan sistem; toner atau laser butuh pemanasan, sedangkan tinta atau inkjet tak butuh pemanasan, hanya pembersihan atau cleaning pada print-head printer tersebut.

 BAHASA PEMROGRAMAN
Ø Bahasa Mesin
Ø  Bahasa Tingkat Tinggi
Ø Bahasa Generasi Ke-4


SUMBER:

0 komentar:

Posting Komentar